Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agen Mossad Terkenal Meninggal

Kompas.com - 23/09/2014, 12:17 WIB
KOMPAS.COM — Salah seorang mata-mata Israel paling terkenal, yang merancang sejumlah operasi besar, termasuk pembunuhan para aktivis Palestina di luar negeri, meninggal dunia.

Salah satu misi yang dirancang Mike Harari, 87 tahun, adalah memburu para militan Palestina yang dituding Israel bertanggung jawab atas pembunuhan sejumlah atlet Israel di Olimpiade Muenchen tahun 1972.

Agen Mossad itu juga memainkan peranan penting saat komando Israel melancarkan operasi penyelamatan sandera di Entebbe, Uganda, tahun 1976.

Pada tahun 1998, ia diajukan sebagai terdakwa di Norwegia untuk kasus pembunuhan yang salah sasaran.

Kasusnya adalah pada tahun 1973, seorang yang diduga agen Mossad menembak mati seorang pelayan restoran di Lillehammer. Sang korban disangka sebagai salah satu arsitek serangan Olimpiade, padahal bukan.

Pembunuhan itu merupakan bagian dari operasi yang disebut Murka Tuhan, yakni perburuan terhadap para anggota Black September di berbagai tempat di Eropa sepanjang hampir satu tahun.

Kelompok itu membunuh dua atlet Israel di Desa Olimpiade di Muenchen dan sembilan atlet yang disandera juga terbunuh dalam baku tembak antara kaum militan dan polisi Jerman di Barat, saat kelompok itu berusaha membawa para sandera keluar Jerman.

Mike Harani lahir pada 1927 dekat Tel Aviv dan mengajukan pengunduran diri menyusul pembunuhan salah sasaran di Lillehammer, tetapi ditolak PM Israel Golda Meir.

Harani pun terus melanjutkan tugasnya sebagai agen Mossad dalam berbagai operasi klandestin hingga pensiun tahun 1980.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com