Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan di Hutan, Pemuda Ini Mati Diterkam Beruang

Kompas.com - 23/09/2014, 03:21 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang pelintas alam bernama Darsh Patel (22) tewas diterkam beruang hitam ketika sedang berjalan-jalan di Cagar Alam Apshawa, West Milford, New Jersey, Senin (22/9/2014). Patel pergi ke cagar alam tersebut bersama empat temannya.

Di tengah perjalanan, kelima sekawan tersebut bertemu seekor beruang hitam, yang langsung mengejar mereka. Dalam ketakutan, mereka berlima sudah berupaya menyelamatkan diri dan mencari jalan secepatnya keluar dari hutan.

"Dalam keadaan kacau itulah, mereka terpisah. Mereka lari ke arah yang berbeda-beda," kata polisi setempat. Saat situasi dianggap sudah cukup aman, rombongan itu bisa berkumpul lagi tetapi Patel tak kunjung datang.

Empat kawan Patel lalu menghubungi kepolisian setelah tak bisa menemukan Patel. Mereka melaporkan kejadian yang baru saja mereka alami. Pencarian oleh kepolisian mendapati jasad Patel, dua jam kemudian.

"Bukti di lokasi menunjukkan korban diserang oleh seekor beruang. Beruang itu ada di sekitar lokasi kejadian," kata polisi, sebagaimana dikutip dari AFP.

Pernyataan dari juru bicara Departemen Perlindungan Lingkungan mengatakan, kejadian yang menimpa Patel tersebut merupakan serangan fatal beruang yang pertama di New Jersey sejak 1852.

Cagar alam seluas 576 acre, setara sekitar 233 hektare, tersebut memang populer di kalangan pelancong, pesepeda, penunggang kuda, dan penikmat burung. Beruang hitam sudah umum dijumpai di New Jersey, di 21 kabupaten di wilayah itu.

Langka

Namun para pakar menyebut serangan semacam itu merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi. "Benar-benar langka," kata Lawrence Hajna, juru bicara Departemen Pelindungan Hutan seperti dikutip Reuters.

Reuters mengutip pula data bahwa pada 2010 ada sekitar 3.000 beruang di New Jersey, menempatkan negara bagian di Amerika Serikat itu sebagai pemilik populasi beruang terbesar di Amerika.

Negara bagian ini rutin menggelar kegiatan berburu beruang setiap Desember untuk program pengendalian populasi.

Meski demikian, seekor beruang diketahui telah membunuh bocah perempuan berumur 5 tahun pada 2002. Bocah itu diambil dari kereta dorongnya dan sempat diseret ke dalam hutan di kedalaman Catskills Mountains.

Empat tahun yang lalu, beruang di barat laut New Jersey menyerang seorang pria dan mengambil sandwich-nya, meninggalkan lelaki itu terluka memar dan sendi yang lepas. Saat itu, polisi menyebut kejadian itu sebagai insiden pertama di Vernon.

Pada umumnya beruang hitam tak bersikap agresif dan cenderung lari menghindari manusia bila tak sengaja berjumpa, berdasarkan data dari laman New Jersey DEP.

Situs itu menjelaskan bahwa beruang cenderung aktif mencari makan setiap musim gugur untuk mengumpulkan bekal hidup pada musim dingin. Cagar alam ini berisi tanaman ek dan maple yang populer bagi para penjelajah dan pengamat burung.

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com