Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Fung-Wong Landa Taiwan, Belasan Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 21/09/2014, 13:30 WIB
TAIPEI, KOMPAS.com - Badai tropis, Fung-Wong yang sebelumnya telah menewaskan 10 orang di Filipina, mulai memasuki wilayah Taiwan, dengan disertai hujan deras dan angin kencang. Akibatnya, belasan penerbangan dibatalkan untuk mengantisipasi terjadinya masalah.

Terkait dengan hal itu, Menteri Pertahanan Taiwan telah memerintahkan 48.000 anggota militer untuk bersiaga, dan para nelayan diminta menuju ke pelabuhan.

Fung-Wong menerjang bagian selatan dari Taiwan pada Minggu (21/9/2014) pukul 10.00, setelah badai tersebut menyimpang dari jalur yang sebelumnya telah diprediksi oleh Biro Pusat Cuaca Taiwan.

Badai tersebut juga menyebabkan gelombang tinggi di pantai selatan Taiwan, sehingga memaksa para turis meninggalkan area wisata Kenting.

"Karena badai juga berpotensi menyebabkan tanah longsor, masyarakat juga kami minta untuk menjauhi wilayah pegunungan," ujar seorang pegawai biro cuaca setempat. Otoritas Taiwan juga telah mengungsikan sekitar 1.200 penduduk dari kawasan yang berpotensi terjadinya bencana.

Sejauh ini, sebanyak 57 penerbangan, baik rute domestik maupun internasional dari Taiwan dibatalkan. Selain itu, kapal penyeberangan ke China juga dihentikan.

Sementara itu, wilayah yang mendapat perhatian adalah Kaohsiung, di mana pada Juli lalu wilayah ini juga dilanda bencana serupa.

Di FIlipina, badai Fung Wong telah memaksa 83.000 penduduk mengungsi setelah hujan deras melumpuhkan Manila dan wilayah sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com