Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Pembawa Makanan ke Luar Angkasa Terancam Telat Berangkat

Kompas.com - 20/09/2014, 06:58 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis


WASHINGTON, KOMPAS.com – Perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat, SpaceX, dijadwalkan telah siap untuk membawa kargo “Naga” mereka yang berisi makanan dan pasokan ke Stasiun Antariksa Internasional. Namun dikarenakan ramalan cuaca yang buruk, maka perusahaan swasta berbasis di California tersebut terancam terlambat melakukan pengiriman.

“Cuaca akan menarik dalam beberapa jam mendatang,” tutur petugas cuaca NASA Kathy Winters, Jumat (19/9/2014).

Dia juga menuturkan ada kemungkinan 50 persen muncul hujan dan awan tebal yang bisa menunda peluncuran SpaceX. Pesawat kargo tanpa awak ini awalnya diperkirakan meluncur 02:16 waktu Timur pada hari Sabtu dari Cape Canareval, Florida. Bila perjalanan sesuai jadwal, kapal kargo tersebut akan sampai di stasiun ruang angkasa pada 07:30 hari Senin.

Wakil Manajer Stasiun Antariksa Internasional Dan Hartman akan melakukan berbagai upaya yang dibutuhkan bila kapal kargo terlambat tiba di stasiun luar angkasa. Upaya tersebut dapat dilakukan pada hari Minggu dan Selasa, dengan menunggu respon dari keberadaan kapal kargo tersebut.

Peluncuran kargo dari SpaceX ini akan menjadi peluncurannya yang ke lima bagi SpaceX sendiri, dan yang ke empat saat SpaceX sudah dikontrak NASA dalam misi mengirim pasokan. Kargo itu membawa 2.300 kilogram persediaan barang, makanan, dan peralatan untuk enam awak anggota di pos pengorbit. SpaceX merupakan perusahaan swasta pertama yang mengirim pesawat ruang angkasa ke stasiun luar angkasa di tahun 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com