Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembakan Peringatan AL Korsel Usir Kapal Korut pada Hari Pembukaan Asian Games

Kompas.com - 20/09/2014, 04:37 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan untuk kapal patroli Korea Utara yang melintasi batas laut di semenanjung itu, Jumat (19/9/2014), berdasarkan pernyataan militer Korea Selatan.

Insiden ini belum pernah terjadi sebelumnya dan justru ada tepat pada hari pembukaan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Kontingen Korea Utara ikut dalam kompetisi tingkat Asia ini.

Kapal patroli Korea Utara melewati garis batas tersebut beberapa saat setelah tengah hari dan berbalik arah enam menit setelah Angkatan Laut Korea Selatan melepaskan tembakan ke udara.

Kedua Korea secara teknis masih dalam status perang setelah konflik bersenjata mereka pada 1950 hingga 1953 yang berakhir dengan gencatan sejata dan bukan perjanjian damai. Perbatasan kedua negara sampai saat ini masih menjadi salah satu perbatasan paling termiliteri di dunia.

Perairan barat yang dilanggar kapal patroli Korea Utara itu sebelumnya merupakan daerah paling bergolak di perbatasan mereka. Perairan tersebut berlokasi di lepas pantai Pulau Baengnyeong yang dikuasai Korea Selatan.

Empat tahun lalu, Korea Utara menyerang satu pulau milik Korea Selatan di wilayah tersebut, menewaskan empat orang. Tahun lalu, kedua Korea saling menembakkan ratusan peluru artileri di perairan masing-masing.

Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pekan ini, bahwa pintu terbuka untuk pembicaraan dengan Korea Utara selama sidang Majelis Umum PBB mendatang.

Namun, Park mengatakan Korea Utara harus menunjukkan ketulusan dalam menjalani dialog yang konstruktif dan berlanjut untuk mengambil tawaran Korea Selatan yang bertujuan mengakhiri kebuntuan pembicaraan selama satu dekade terakhir.

Tentara Korea Selatan, Senin (16/9/2014), menyatakan bahwa mereka telah mendapati puing pesawat tanpa awak yang diyakini merupakan milik Korea Utara. Puing tersebut ditemukan di perairan Pulau Baengnyeong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com