Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Inggris Dituntut Memenuhi Janji Kepada Skotlandia

Kompas.com - 20/09/2014, 02:59 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

Sumber Reuters


LONDON, KOMPAS.com – Hasil referendum di Skotlandia yang memilih tidak merdeka membuat Perdana Menteri Inggris David Cameron sementara dalam posisi yang aman. Namun Cameron dituntut untuk memenuhi janji besarnya terhadap Skotlandia yang harus diwujudkan agar tidak mengganggu stabilitas politik di kedua negara.

Cameron sempat berjanji kepada Skotlandia yang tidak memerdekakan dirinya untuk memberikan kekuasaan lebih besar kepada Skotlandia dalam hal otonomi. Selain itu, Inggris juga akan membantu Skotlandia dalam hal pendanaan, pajak, dan pengeluaran di masa depan. Janji yang dikeluarkan Cameron dilihat oleh sebagian pihak sebagai keputusan dari kepanikan yang dialaminya.

“Di satu sisi, Cameron akan dipandang sebagai orang yang dapat menyatukan perserikatan, namun di sisi lain dia harus memenuhi janji-janji ambisiusnya untuk menyelesaikan permasalahan konstitusional,” ujar dosen politik di Nottingham Trent University, Matthew Ashton.

Ashton juga menuturkan hasil referendum yang diadakan Kamis lalu akan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Cameron. Bila dia bisa menyelesaikan dan memenuhi semua janji-janjinya, maka kemungkinan besar Cameron yang akan mencalonkan diri di pemilihan Perdana Menteri tahun 2015 bisa mendapat dukungan signifikan.

Cameron yang sebelumnya kehilangan dukungan dari partai politik di Inggris karena dianggap tidak dapat menghentikan kemerdekaan Skotlandia menegaskan bahwa perubahan arah konstitusional harus disepakati. Kesepakatan itu sebagai bentuk persiapan politik menuju parlementer baru tahun 2015-2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com