Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Gagal Pisah dengan Inggris, Tetap Saja Skotlandia Jadi Pemenangnya

Kompas.com - 20/09/2014, 00:59 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis


EDINBURGH, KOMPAS.com – Perdana Menteri Besar Skotlandia Alex Salmond sebelum mengundurkan diri mengapresiasi apa yang telah dilakukan rakyat Skotlandia dalam referendum bersejarah Kamis (18/9/2014) lalu. Menurut Salmond yang juga pemimpin pro kemerdekaan, hasil bahwa Skotlandia tetap bersama dengan Inggris bukan suatu kekalahan.

“Kami yang pro kemerdekaan memang kalah suara, namun rakyat Skotlandia telah memulai langkah awal memperjuangkan negara ini. Skotlandia tetap keluar sebagai pemenang sebenarnya,” tutur Salmond.

Pemimpin Partai Nasional Skotlandia ini juga mengundurkan dirinya dari partai. Salmond pun menambahkan bahwa dia tidak akan lagi ikut dalam pemilihan ketua partai di November mendatang.

“Masa saya sebagai pemimpin sudah selesai. Namun rakya Skotlandia akan terus memperjuangkan haknya dan tidak akan berhenti bermimpi,” ujar dia yang telah menjabat Perdana Menteri Besar sejak 2007.

Meski demikian, Salmond menyatakan akan terus mengabdi kepada negaranya dengan tetap menjadi anggota parlemen Skotlandia untuk daerah pemilihannya di kota Aberdeenshire, daerah timur laut Skotlandia.

Hasil resmi referendum Skotlandia yang diumumkan pada Jumat (19/9/2014) pagi ini menunjukkan kemenangan di pihak yang tidak mau merdeka atau pisah dari Inggris dengan selisih suara hampir 10 persen.

Kamis kemarin, rakyat Skotlandia memilih apakah mereka harus berpisah dari Inggris, jadi sebuah negara merdeka, atau tetap bersama Inggris. Dari 32 daerah pemilihan di Skotlandia, sebanyak 31 daerah telah mengumumkan hasil pemungutan suaranya pada Jumat pagi.

Pihak "No", yang menyatakan tidak ingin merdeka atau pisah dari Inggris, meraih kemenangan dengan perolehan lebih 1.914.187 suara. Sementara itu, pihak "Yes", yang ingin merdeka, meraih 1.539.920 suara. Kemenangan bisa diklaim hanya dengan 1.852.828 suara.

Secara nasional, pihak "No" meraih kemenangan sekitar 55 persen. Pemungutan suara tersebut merupakan puncak dari kampanye selama dua tahun. Pembicaraan kini akan beralih ke pelimpahan kekuasaan yang lebih besar untuk Skotlandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com