Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skotlandia Tolak Merdeka, Rakyat Pilih Tetap Bersama Inggris

Kompas.com - 19/09/2014, 11:48 WIB
LONDON, KOMPAS.COM — Skotlandia akan memilih untuk tetap bersama Inggris. Mereka akan menolak kemerdekaan. Demikian menurut prediksi BBC terhadap hasil referendum, Kamis (18/9/2014), yang saat ini sedang dihitung.

Dari 32 wilayah bangsa itu, sebanyak 26 wilayah telah mengumumkan hasil pemilihannya. Pihak yang menyatakan tidak ingin berpisah dari Inggris mendapat suara 54 persen, sementara yang menyatakan ingin berpisah hanya 46 persen.

Pada pukul 05.15 waktu setempat atau pukul 11.15 WIB hari ini, pihak yang menyatakan tidak ingin merdeka sudah mendapat 1.397.000 suara, dan yang menyatakan ingin berpisah baru mendapat lebih dari 1.176.000 suara. Butuh 1.852.828 suara untuk memenangkan referendum itu.

BBC memprediksi, berdasarkan hasil yang ada sejauh ini, pihak yang tidak mau berpisah dari Inggris akan memenangi referendum dengan perolehan suara 55 persen, sementara yang ingin merdeka hanya akan mendapat 45 persen suara.

Margin kemenangan ini tiga angka lebih besar dari yang diantisipasi dalam jajak pendapat terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber bbc.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com