Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi ISIS, Perancis Siap Gelar Serangan Udara di Irak

Kompas.com - 18/09/2014, 23:18 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Francois Hollande, Kamis (18/9/2014), memutuskan negeri itu siap menggelar serangan udara di Irak utara untuk menghadapi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Perancis akan bergabung dengan AS dalam menyediakan apa yang disebut Hollande sebagai "dukungan udara" untuk angkatan darat Irak dalam memerangi ISIS yang menguasai hampir separuh wilayah negeri itu.

"Saya memutuskan untuk merespon permintaan pemerintah Irak terkait dukungan udara," kata Hollande dalam sebuah jumpa pers di Paris.

Saat ini, Perancis hanya melakukan misi pengintaian udara di atas Irak yang dimulai sejak Senin lalu, berbarengan dengan gelaran konferensi internasional yang membahas masalah ISIS.

Dalam konferensi itu sekitar 30 negara dan organisasi internasional yang hadir sepakat akan mendukung Irak dengan cara apapun jika diperlukan termasuk bantuan militer .

Perancis juga memberikan bantuan senjata untuk pasukan Kurdi yang memerangi ISIS dan Hollande memuji pasukan Kurdi yang menurutnya sudah menggunakan senjata-senjata itu dengan sangat baik.

Meski akan ikut menggelar serangan udara di Irak, Hollande menegaskan Perancis tidak akan terlibat operasi militer di Suriah, di mana ISIS juga menduduki wilayah yang cukup luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com