Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiev: Rusia Gelar 4.000 Tentara di Crimea

Kompas.com - 18/09/2014, 18:16 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Pemerintah Ukraina, Kamis (18/9/2014), mengatakan Rusia menempatkan sebanyak 4.000 tentara di wilayahCrimea dan perbatasan kedua negara.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, hampir semua unit militer Rusia yang ditempatkan di wilayah utara Crimea dipindahkan ke dekat perbatasan Ukraina bersama seluruh peralatan dan amunisi," kata juru bicara Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Andriy Lysenko.

Lysenko mengatakan unit-unit militer itu dengan total 4.000 personel, dikerahkan dalam kelompok-kelompok taktis kecil di perbatasan Crimea sepanjang 100 kilometer.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu awal pekan ini mengatakan Moskwa berencana menambahk jumlah pasukannya di Crimea karena situasi di Ukraina yang memburuk dan pergerakan pasukan asing di perbatasan.

Rusia sangat prigatin dengan NATO yang "bergerak" ke wilayah timur dan Presiden Vladimir Putin menuduh Barat memprovokasi krisis Ukraina demi "menghidupkan kembali" pakta militer itu.

Bulan ini NATO sepakat untuk meningkatkan kehadirannya di Eropa Timur, sementara AS menggelar latihan perang di wilayah barat Ukraina bersama 14 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com