Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renangi Sungai Menuju Korut, Pria AS Ditahan Marinir Korsel

Kompas.com - 17/09/2014, 15:42 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Marinir Korea Selatan menahan seorang pria AS, Selasa (16/9/2014) malam, yang merenangi sungai yang menuju ke Korea Utara. Kepada aparat yang menahannya, pria itu mengatakan bahwa dia hanya ingin bertemu Kim Jong Un.

Marinir Korea Selatan yang mengawasi Sungai Han, yang mengalir ke muara yang kemudian bertemu dengan Sungai Imjin di Korea Utara, menemukan seorang pria berbaring di tepian sungai itu.

Pria itu terlihat jelas sangat kelelahan sehabis berenang di sungai tersebut. Demikian kantor berita Yonhap mengutip seorang pejabat Pemerintah Korea Selatan.

Pria yang diyakini berusia awal 30-an itu kepada Pemerintah Korea Selatan mengatakan, dia ingin masuk ke Korea Utara karena ingin bertemu pemimpin negeri itu, Kim Jong Un.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan belum memberikan konfirmasi terkait insiden itu. Namun, seorang perwira Korea Selatan mengatakan, seorang pria AS dijemput jet militer demi menjalani pemeriksaan.

Kedutaan Besar AS di Seoul mengatakan sudah menjalin komunikasi dengan Pemerintah Korea Selatan, tetapi belum dapat memberikan banyak keterangan.

"Kami belum memiliki keterangan lengkap saat ini. Kami sudah menghubungi pihak berwenang Korea Selatan terkait laporan tersebut," kata juru bicara Kedubes AS, Nida Emmons.

Insiden ini muncul setelah seorang pemuda AS, Matthew Miler, ditahan di Korea Utara setelah memasuki negeri itu sebagai turis pada awal April.

Pada Minggu (14/9/2014), pengadilan Korea Utara menjatuhkan hukuman enam tahun kerja paksa karena Miller dianggap melakukan "tindakan melawan" negara Korea Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com