Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Kuan Yew Rayakan Ulang Tahun Ke-91

Kompas.com - 16/09/2014, 20:48 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pendiri dan bapak bangsa Singapura Lee Kuan Yew merayakan ulang tahun ke-91 hari ini, Selasa (16/9/2014). Rakyat Singapura antusias berduyun-duyun menyampaikan ucapan selamat yang didominasi harapan agar Lee tetap dalam kondisi yang sehat.

Rakyat Singapura juga mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada Lee yang sukses membangun Negeri Merlion menjadi kekuatan ekonomi dunia.

Ucapan selamat ulang tahun disampaikan secara khusus ke situs happybirthdaylky.org dengan hashtag #happybirthdaylky. Lee sendiri menghaturkan rasa terima kasih sembari menambahkan dia tidak dapat membalas semua ucapan yang dia terima dari rakyat negeri kota tersebut.

Lee Kuan Yew memimpin Singapura sebagai perdana menteri selama 31 tahun sejak negeri itu memisahkan diri dari Malaysia pda 1965 hingga lengser pada 1990. Di bawah kepemimpinannya Singapura menjelma menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Meski banyak dipuji, sosok Lee juga tidak terlepas dari kontroversi, banyak yang mengkritik gaya kepemimpinannya yang otoriter. Sahabat dekat mantan presiden Indonesia Suharto ini mempertahankan pengaruh di balik layar dengan menjabat sebagai menteri senior dan menteri mentor hingga mundur dari kabinet seusai pemilu 2011.

Saat ini Lee tercatat sebagai salah satu anggota parlemen terlama di dunia, mewakili konstituensi Tanjong Pagar sejak 1955.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com