Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Kapal AS, Al Qaeda Malah Serang Kapal Pakistan

Kompas.com - 16/09/2014, 20:41 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Kelompok Al Qaeda cabang India yang baru saja dibentuk gagal total dalam serangan pertamanya setelah menyerang sebuah fregat AL Pakistan yang disangka sebagai kapal induk AL Amerika Serikat.

Sebanyak 10 orang anggota Al Qaeda India bersenjata lengkap berencana menyerang sebuah kapal perang AS di Pelabuhan Karachi, Pakistan, tetapi yang ditemui di sana adalah sebuah fregat milik AL Pakistan.

Di tengah kebingungan itu, dengan mudah, para anggota Al Qaeda itu dilumpuhkan sebelum melakukan serangannya. Dalam baku tembak, tiga militan tewas dan tujuh sisanya ditahan.

Meski gagal dalam melakukan aksinya yang digelar pada 6 September lalu itu, Al Qaeda India tetap menyatakan bertanggung jawab. Al Qaeda menambahkan, semua anggotanya yang terlibat serangan itu adalah mantan anggota AL Pakistan.

"Para perwira angkatan laut yang tewas pada serangan di Karachi itu adalah anggota Al Qaeda. Mereka mencoba menyerang marinir AS dan para kroninya," ujar Al Qaeda dalam pernyataan resminya.

"Anggota militer Pakistan yang tewas karena membela musuh Islam dikutuk masuk neraka," tambah Al Qaeda.

Para penyerang itu sebenarnya berniat menyerang kapal induk USS George Washington yang diyakini berada di perairan Pakistan pada hari penyerangan itu. Ternyata, kapal induk itu sudah berlayar menuju Jepang sehari sebelum serangan itu digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com