Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tak Akan Jalin Kerja Sama dengan Iran untuk Perangi ISIS

Kompas.com - 15/09/2014, 23:07 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Senin (15/9/2014), menolak kerja sama militer dengan Iran namun Washington terbuka untuk berdiskusi dengan Iran terkait ancaman Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Kami tidak akan bekerja sama dengan Iran dalam hal aksi militer. Namun, seperti yang saya katakan, kami terbuka untuk melakukan diskusi," kata Kerry di Paris.

"Dalam hal serangan ke Suriah, kami juga tak akan bekerja sama dengan pemerintah Suriah. Kami sudah menjelaskan hal ini namun masih ada banyak jalan untuk berkomunikasi demi menghindari kesalahan dan kehancuran," lanjut Kerry.

Iran tidak diundang untuk menghadiri konferensi internasional di Paris yang membahas strategi untuk melawan ISIS. Kemudian Iran mengatakan memang tak berminat hadir karena pertemuan di Paris hanya sekadar ajang "unjuk kekuatan".

Selanjutnya, pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei mengungkapkan dirinya telah menolak tawaran kerja sama dari AS untuk memerangi ISIS. Penolakan itu, lanjut Khamenei, dilakukan karena dia menilai AS memiliki "tangan yang kotor".

Khamenei menuding Washington tengah mencari cara untuk melakukan hal yang sama seperti dilakukan di Pakistan -yaitu melakukan pengeboman di mana-mana tanpa mendapat otorisasi- di Irak dan Suriah.

Konferensi internasional di Paris dihadiri puluhan pejabat tinggi dari berbagai negara dan organisasi internasional untuk membahas rencana global memerangi ancaman ISIS. Sebanyak 30 negara kemudian sepakat untuk membantu pemerintah Irak memerangi ISIS dengan cara apapun termasuk dengan kekuatan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com