Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Paris, 30 Negara Berikrar untuk Hancurkan ISIS

Kompas.com - 15/09/2014, 21:20 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Sebanyak 30 negara telah berikrar untuk menggunakan segala cara yang dibutuhkan untuk melawan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Senin (15/9/2014).

Sebuah pernyataan bersama dari para menteri luar negeri yang ikut ambil bagian dalam  konferensi besar di Paris menyatakan, dukungan mereka akan termasuk juga "bantuan militer yang sesuai".

Konferensi ini diadakan untuk menyepakati strategi untuk membasmi kelompok yang kini menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah serta mengikuti perjalanan keliling Timur Tengah yang dilakukan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

John Kerry, yang menghadiri pertemuan itu, sudah menggalang dukungan untuk rencana aksi yang telah diungkapkan oleh Presiden Barack Obama pekan lalu.

Pembunuhan terhadap pekerja kemanusiaan Inggris, David Haines, oleh ISIS, yang ditunjukkan dalam sebuah video yang dirilis kelompok militan itu pada akhir pekan lalu, menambah momentum terhadap rencana Obama. Demikian laporan wartawan BBC di Paris.

Saat membuka pertemuan, Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan, ancaman dari ISIS harus ditanggapi secara global. Badan intelijen AS, CIA, memperkirakan bahwa ISIS memiliki sekitar 20.000 sampai 31.000 petempur di Irak dan Suriah.

Presiden Irak Fuad Masum, yang menjadi tuan rumah konferensi itu, bersama-sama dengan Presiden Hollande, mengatakan, komunitas internasional harus "dengan cepat" memburu para jihadis.

"Jika intervensi dan dukungan terhadap Irak terlambat datangnya, artinya ISIS akan bisa menduduki wilayah lebih luas lagi dan memberikan ancaman yang lebih besar," kata Fuad Massum.

Beberapa negara yang selama ini diketahui mendukung inisiatif AS dalam melawan ISIS, antara lain Inggris, Jerman, Perancis, dan Australia. Bahkan, Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, 10 negara Arab, seperti Lebanon, Jordania, Mesir, Irak, serta enam negara Dewan Kerja Sama Teluk (GGC), yang di dalamnya terdapat Arab Saudi, juga sepakat ikut memerangi ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com