Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Menikahkan Pasangan Hidup Bersama

Kompas.com - 15/09/2014, 08:10 WIB
VATIKAN, KOMPAS.COM - Paus Fransiskus memimpin pernikahan 20 pasangan di Vatikan, termasuk sejumlah pasangan hidup bersama, salah satunya telah memiliki satu anak.

Paus meminta untuk menikahkan 40 orang dari berbagai latar belakang sosial yang mewakili pasangan modern.

Ini adalah untuk pertama kalinya paus melakukan upacara pernikahan seperti ini dalam 14 tahun.

Paus Fransiskus memperlihatkan toleransi yang lebih besar dibandingkan pendahulunya dalam berbagai hal, termasuk nilai-nilai keluarga.

Upacara hari Minggu (14/9/2014) di Basilika Santo Petrus di Roma dilakukan tiga minggu sebelum pertemuan para uskup Katolik dunia untuk mengkaji ajaran gereja mengenai masalah keluarga.

Salah satu pasangan yang menikah adalah seorang pria yang pernikahan sebelumnya dibatalkan, dan seorang ibu yang seorang diri membesarkan anak perempuan dari hubungan sebelumnya.

Paus Fransiskus mengatakan kepada para pasangan dalam upacara selama dua jam bahwa pernikahan "bukanlah jalan yang mudah, kadang-kadang merupakan perjalanan yang bermasalah, tetapi itulah kehidupan," lapor kantor berita AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com