Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Australia Bawa 7.000 Angklung ke Adelaide

Kompas.com - 14/09/2014, 07:48 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com - Todd Shone bukan pengusaha Australia biasa. Ia juga pencinta berat Indonesia. Baru-baru ini ia membawa 7.000 angklung dari Jawa Barat ke Adelaide. Dan angklung ini membahana di udara Sabtu (13/09/14) malam di arena Royal Adelaide Show 2014.

Ribuan pengunjung pameran hasil pertanian ini menyambut dengan gegap gempita. Di tangan 6.100 pemain Australia dan Indonesia, konser angklung ini diharapkan memecahkan rekor dunia.

Keputusan Guinness World Records masih ditunggu, menurut siaran pers KBRI Canberra yang diterima Kompas.com. Sebelumnya, rekor konser angklung terbesar dipegang Washington, Amerika Serikat, ketika 5.182 anggota masyarakat memainkan angklung pada 9 Juli 2011.

Pameran pertanian di Adelaide ini merayakan 175 tahun masyarakat pertanian Australia Selatan (Royal Agriculture and Horticulture Society of South Australia). Ratusan relawan dan pelajar Indonesia membagikan angklung pada pengunjung.

Pesawat nir awak (drone) turut memantau acara. Di hadapan pengunjung pameran, Duta Besar Indonesia untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, menyampaikan bahwa upaya memecahkan rekor dunia ini adalah upaya bersama masyarakat Australia dan Indonesia. Orkes angklung memainkan beberapa lagu antara lain Waltzing Matilda dan Happy Birthday.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com