Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 3 Bulan, Presiden Zambia Muncul Kembali

Kompas.com - 12/09/2014, 06:30 WIB
Jessi Carina

Penulis

Sumber AFP
LUSAKA, KOMPAS.com - Presiden Zambia Michael Sata muncul kembali di hadapan publik untuk menghadiri dua pertemuan politik. Kemunculan ini adalah yang pertama setelah kesehatannya dikabarkan memburuk tiga bulan silam.

Sebuah siaran televisi pemerintah pada Kamis, (11/9/2014) menayangkan dirinya yang sedang berbicaara pada sebuah rapat politik di barat laut Kota Solwezi dan di Mkushi, Zambia Tengah.

Presiden berusia 77 tahun ini sudah tidak terlihat di hadapan publik sejak 19 Juni 2014 lalu. Kabar yang tersiar saat itu adalah dia menderita sakit parah. Para pengamat mengatakan, perebutan kekuasaan sudah berlangsung secara diam-diam.

Aktivis hak warga sipil, Brebner Changala, mengatakan, penampilan Presiden Zambia belum cukup membantah rumor soal kesehatannya.

"Anda dapat lihat bahwa pria itu sebenarnya tidak baik-baik saja. Dia hanya ingin mengakhiri desas-desus tentang kesehatannya yang buruk," uajr Changala AFP.

Saat itu, Sata sedang berkampanye untuk kandidat partai pemerintah untuk kursi di parlemen. Dia ditunjuk untuk berbicara selama tiga menit dalam aksi tersebut dan berjanji kepada relawan bahwa pihaknya akan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi anak-anak.

Sata juga dijadwalkan membuka sidang di parlemen pada 19 September 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com