Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Syiah India Janjikan Rp 2 Miliar untuk Pembunuh Pemimpin ISIS

Kompas.com - 11/09/2014, 23:18 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah kelompok umat Syiah di India mengumumkan hadiah uang dalam jumlah besar untuk siapa saja yang bisa membunuh para pemimpin kelompok militan termasuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dana Hussaini Syiah Seluruh India (AISHF) menyediakan hadiah uang sebesar 100.000 poundsterling atau hampir Rp 2 miliar bagia siapa saja yang bisa membunuh satu dari lima pemimpin kelompok militan Sunni itu.

Kelima pemimpin ISIS yang menjadi incaran adalah Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin Al-Qaeda Ayman Al-Zawahiri, pemimpin Jamaat-ud-Dawa Hafiz Saeed, pemimpin Taliban Mullah Omar dan pemimpin Harkat-ul-Mujahidin Azhar Masood.

"Dalam pertemuan dengan para eksekutif kami dari seluruh India pada 6 September lalu, kami mendiskusikan untuk memberikan hadiah untuk nyawa satu dari lima orang pemimpin organisasi teroris ini," kata Sekretaris Jenderal AISHF Syed Hasan Mehdi kepada kantor berita Press Trust of India.

"Hasil dari pembicaraan itu kami sepakat memberikan hadiah bagi siapa saja yang bisa membunuh mereka," tambah Hasan Mehdi.

Organisasi ini awalnya menawarkan untuk mengirimkan ribuan pemuda Syiah India ke Irak untuk bergabung dalam perang melawan kelompok-kelompok militan Sunni di negeri itu.

"Kami menempel poster di seluruh India termasuk di kota Lucknow, Hyderabad serta Jammu dan Kashmir untuk mengumumkan hadiah ini karena kami menilai para teroris itu tak layak untuk hidup. Mereka adalah pembunuh kemanusiaan dan orang tak berdosa," tambah Hasan Mehdi.

AISHF mengklaim jutaan umat Muslim di seluruh India siap memberikan donasi untuk tujuan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com