Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan Rusia: Ukraina Bertanggung Jawab Atas Tragedi MH17

Kompas.com - 10/09/2014, 22:12 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, Rabu (10/9/2014), mengatakan Ukraina bertanggung jawab penuh atas tragedi yang menimpa Malaysia Airlines MH17.

Pernyataan itu disampaikan Shoigu saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia Hishammudin Hussein di Moskwa. "Kecelakaan terjadi di wilayah udara Ukraina, sehingga Ukraina menanggung semua tanggung jawab atas tragedi yang terjadi," kata Shoigu.

"Saya yakin jika Ukraina bisa menyelesaikan masalah dalam negerinya tanpa menggunakan kekuatan senjata, tanpa pertumpahan darah, tanpa menggunakan artileri berat...tragedi ini tak akan terjadi," tambah Shoigu.

Hishammudin berada di Moskwa sehari setelah tim investigasi Belanda merilis hasil penyelidikan sementara terkait tragedi yang menewaskan 298 orang yang sebagian besar adalah warga negara Belanda itu. "Saya sangat menghargai kesabaran Anda," kata Hishammudin merujuk kepada pemerintah Rusia.

Setelah bertemu dengan Menhan Shoigu, Hishammudin dijadwalkan bertemu dengan Wakil Menlu Rusia Grigory Karasin. Demikian disampaikan Kedubes Malaysia di Moskwa dan Kemenlu Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com