Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi ISIS, Obama Akan Perluas Serangan Udara ke Suriah

Kompas.com - 10/09/2014, 18:18 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Dua harian ternama AS, Selasa (9/9/2014) malam, mengabarkan, Presiden Barack Obama tengah bersiap untuk mengizinkan serangan udara di Suriah sebagai bagian dari strategi untuk menghadapi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Harian The New York Times dan The Washington Post mengabarkan, Obama berkeinginan memperluas kampanye serangan udara yang sejauh ini dibatasi di Irak utara ke Suriah.

Kabar ini diperoleh setelah The New York Times mengutip seorang pejabat senior Pemerintah AS. Sementara The Washington Post mengutip pakar kebijakan luar negeri yang bertemu dengan Presiden Obama pekan ini.

Michele Flournoy, mantan Wakil Menteri Pertahanan Urusan Kebijakan yang juga hadir dalam jamuan makan malam dengan Presiden, mengatakan, Obama bertekad memerangi ISIS di mana pun mereka berada.

"ISIS bukan sebuah organisasi yang menghormati adanya perbatasan internasional. Anda tak bisa membiarkan mereka di tempat yang aman. Saya harap beliau berkata jujur," kata Flournoy, yang keluar dari pemerintahan pada 2012.

Sementara itu, The New York Times memberitakan, mereka yang mengetahui rencana presiden itu menggambarkan sebuah kampanye militer jangka panjang jauh lebih kompleks ketimbang menyerang target tertentu seperti dilakukan AS terhadap Al Qaeda di Yaman, Pakistan, atau di tempat-tempat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com