Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produktivitas dan Kualitas Padi Meningkat karena Musik Religius?

Kompas.com - 10/09/2014, 14:31 WIB
LIANGSHAN, KOMPAS.COM - Para petani di Provinsi Fujian, Tiongkok timur, mengklaim berhasil meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman padi mereka setelah memainkan musik religius yang menenangkan hati di sawah.

Menurut surat kabar Southeast Morning Post, Minggu (7/9), seperti dikutip laman harian Global Times, para petani itu memasang 500 pelantang suara berbentuk bunga teratai di sawah seluas 26,7 hektar di Desa Liangshan, Fujian. Mereka kemudian memainkan alunan mantra Buddhis dan musik religius dari pelantang suara tersebut. Hasilnya, produktivitas padi diklaim meningkat 15 persen dan bulir-bulir padi pun menjadi lebih besar.


Para pakar dari Universitas Agrikultur Tiongkok mengakui, gelombang suara tertentu, seperti yang keluar dari lantunan mantra, bisa merangsang tumbuh-tumbuhan menyerap sinar matahari lebih banyak. Namun, petani di Liangshan mengingatkan, hanya musik yang bernada ”positif” yang bisa merangsang pertumbuhan. Musik rock, kata mereka, malah bisa berdampak buruk pada tanaman.

Bagaimana kalau diputarkan musik dangdut? (DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com