Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaisar Hirohito Sebenarnya Tak Ingin Jepang Memerangi AS

Kompas.com - 09/09/2014, 19:18 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Sebuah buku baru mengisyaratkan bahwa Kaisar Jepang pada masa Perang Dunia II, Hirohito, sebenarnya telah memperingatkan negerinya untuk tidak berperang melawan Amerika Serikat. Pernyataan Kaisar Hirohito ini tercantum dalam buku sejarah resmi kekaisaran.

Diperlukan waktu 24 tahun untuk membuat buku setebal 12.000 halaman yang terbagi dalam 61 seri ini. Para pembayar pajak Jepang harus membayar 2,2 juta dollar AS agar rumah tangga kekaisaran dapat memproduksinya.

Sejumlah pihak memandang Hirohito—yang meninggal dunia pada 1989—terlibat dalam menentukan kebijakan agresi Jepang sepanjang Perang Dunia II.

Namun, buku ini menyatakan bahwa tidak lama setelah Jepang menyerang pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour pada 1941, Hirohito memperingatkan komandan militer untuk tidak melakukan "perang yang sembrono" yang akan membuatnya merasa "sangat harus meminta maaf kepada nenek moyang kerajaan".

Dokumen-dokumen yang digunakan untuk merangkum catatan Hirohito termasuk informasi tentang bagaimana pasukan Jepang mengepung dan menyerang kota Nanjing, China, tetapi tidak merinci pembantaian warga sipil di kota itu. Demikian kantor berita Kyodo News.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com