Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipajang, Kemeja yang Dipakai "Navy SEAL" Saat Menewaskan Osama Bin Laden

Kompas.com - 08/09/2014, 12:44 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com  Kemeja yang dipakai seorang anggota Navy SEAL dalam serangan yang menewaskan Osama Bin Laden dan sebuah koin khusus yang diberikan kepada seorang anggota CIA yang memainkan peran penting dalam menemukan Osama sedang dipajang di National September 11 Memorial Museum di New York.

Barang-barang itu dipajang di museum di Ground Zero dan para pemimpin museum melihat hal itu sebagai langkah tambahan dan penting buat koleksi tempat itu yang banyak menggunakan artefak pribadi untuk mengeksplorasi peristiwa dan dampak serangan 9/11.

"Kematian Osama bin Laden merupakan satu bagian besar dari sejarah, dan kami punya kewajiban mutlak untuk menceritakannya," kata Presiden National September 11 Memorial Museum, Joe Daniels, Sabtu (6/9/2014).

Pajangan itu, kata dia, "Memungkinkan jutaan pengunjung punya kesempatan untuk mengenali keberanian luar biasa para pria dan wanita yang berkorban begitu banyak untuk negara ini di dalam dan di luar negeri."

Kemeja dan koin itu akan menjadi bagian dari pajangan yang sudah ada, antara lain batu bata dari kompleks di Abbottabad, Pakistan, di mana teroris itu bersembunyi saat diserang dan kemudian terbunuh.

Kemeja seragam itu milik seorang anggota SEAL Team Six yang kini pensiun. Operasi Navy SEAL mengakhiri perburuan panjang terhadap teroris yang paling dicari di dunia itu.

Pakaian itu "membawa kita ke cara yang kuat dan langsung ke operasi tersebut", kata Direktur Museum Alice Greenwald.

Koin warna merah, putih, dan biru dibuat untuk mengenang konklusi operasi itu. Koin itu berisi tanggal, yaitu 1 Mei 2011 dalam waktu AS, di satu sisi dan tanda "X" merah di sisi lain. Koin itu milik seorang anggota CIA, yang dikenal sebagai "Maya", yang menjadi acuan pembentukan tokoh utama dalam film pemenang Oscar tahun 2012 yang berjudul Zero Dark Thirty.

Museum itu menjaga identitas para donor tetap rahasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com