Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Ebola, Sierra Leone Larang Warga Keluar Rumah

Kompas.com - 06/09/2014, 12:06 WIB
KOMPAS.COM - Siera Leon, salah satu negara yang mengalami penyebaran wabah Ebola terparah, memerintahkan warganya untuk tidak keluar rumah selama empat hari untuk mengatasi penyakit ini.

Kebijakan ini diterapkan mulai dari 18 hingga 21 September agar petugas kesehatan bisa mengisolasi kasus baru sehingga penyebaran penyakit bisa dihambat.

Wabah Ebola telah menewaskan 2.100 orang di Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria dalam beberapa bulan terakhir.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan pada Jumat (5/9/2014) bahwa vaksin sudah bisa dibagikan kepada petugas kesehatan pada November mendatang ketika uji coba keamanan vaksin sudah selesai.

Lebih dari 20 petugas kesehatan meninggal karena ikut terjangkit virus di Sierra Leone setelah wabah ini mulai merebak pada Maret.

Bulan lalu, Liberia juga menutup pemukiman kumuh di ibu kota Monrovia lebih dari sepekan untuk mencegah penyebaran virus.

Sementara Nigeria sudah memerintahkan untuk menutup sekolah sampai 13 Oktober sebagian bagian dari upaya antisipasi.

Penyakit ini menginfeksi manusia melalui kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi, termasuk simpanse, kelelawar buah dan antelop hutan.

Virus kemudian menyebar antara manusia melalui kontak langsung dengan darah yang terinfeksi, cairan tubuh atau organ, atau secara tidak langsung melalui kontak dengan lingkungan yang terkontaminasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com