Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2014, 09:12 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Presiden AS Barack Obama mengatakan, AS dan para sekutunya akan melumpuhkan dan pada akhirnya mengalahkan Negara Islam atau ISIS, dengan cara yang sama yang telah mereka lakukan untuk memburu Al Qaeda dan kelompok Somalia, Al Shabab.

Ketika berbicara kepada wartawan hari Jumat (5/9/2014) pada penutupan KTT NATO di Wales, Presiden Obama mengatakan yakin koalisi internasional dapat dibentuk untuk memukul mundur militan, yang telah merebut sebagian besar wilayah di Irak dan Suriah.

Obama mengatakan, para anggota NATO dengan bulat sepakat bahwa ISIS merupakan ancaman besar bagi negara-negara dalam aliansi itu dan mengatakan mereka menyadari perlunya mengambil tindakan.
 
Sebelumnya, Jumat, pada sela-sela KTT NATO, Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel mengepalai pertemuan 10 negara, termasuk AS, yang diharapkan mewakili inti koalisi anti-ISIS. Para pejabat Inggris, Perancis, dan Jerman turut hadir. Australia adalah satu-satunya negara non-anggota NATO yang hadir.
 
Presiden Obama mengatakan, "sangat penting" agar negara-negara Arab turut dalam perlawanan itu. Dia mengatakan, Kerry akan melawat ke kawasan itu untuk berkonsultasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com