Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Diserang ISIS, Umat Kristen Lebanon Persenjatai Diri

Kompas.com - 05/09/2014, 23:21 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Setiap hari menjelang matahari terbenam, puluhan warga desa Qaa, Lebanon, yang mayoritas penduduknya beragama Kristen, berjaga di perbatasan desa sambil membawa senapan mesin.

Mereka disebar di perbukitan sekitar desa, mengambil posisi siaga dan bersiap-siap jika kelompok militan Islam dari negeri tetangga, Suriah, datang menyerang.

"Kami semua tahu jika mereka datang, maka mereka akan membunuh kami tanpa alasan," kata salah seorang penduduk desa Qaa, sambil menenteng sebuah senapan serbu.

Selama berbulan-bulan, umat Kristen Lebanon melihat dengan penuh kekhawatiran saat warga Kristen Irak dan Suriah terpaksa mengungsi untuk menghindari serbuan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Umat Kristen Lebanon khawatir mereka akan menjadi sasaran selanjutnya.

Ketakutan semakin meningkat setelah militan Suriah sempat menduduki sebuah kota perbatasan dan terlibat baku tembak dengan militer Lebanon selama beberapa hari. Meski akhirnya mereka mundur sejumlah tentara dan polisi Lebanon mereka bawa sebagai sandera.

Kini, untuk pertama kali sejak perang saudara berakhir pada 1990, umat Kristen Lebanon kembali mempersenjatai diri dan mempersiapkan unit-unit pertahanan. Sebuah indikasi meningkatkan kekhawatiran akan ekspansi ISIS.

Sementara di bagian lain Timur Tengah, komunitas Kristen lain yang sudah eksis selama agama ini ada juga terancam keberadaannya. Masa depan mereka terancam ISIS yang terus meluaskan wilayahnya di Irak dan Suriah.

Di Irak, ribuan umat Kristen terpaksa mengungsi setelah dihadapkan pada pilihan meninggalkan kampung halaman, memeluk Islam, atau mati.

Untuk pertama kali dalam ribuan tahun kota Nineveh dan Mosul di Irak dikosongkan dari populasi penduduk Kristen. Setelah umat Kristen pergi ISIS kemudian menandai rumah-rumah mereka dengan huruf "N" atau Nasrani dan menjadikan rumah mereka properti ISIS.

Di Suriah, kondisi serupa terjadi. Ribuan umat Kristen terpaksa mengungsi selama konflik yang sudah berlangsung hampir empat tahun.

Kota-kota dan pedesaan Kristen juga diserang kelompok militan Islam, yang terbaru adalah kota tua Mahradeh. Sebelumnya ISIS juga menyebut kota Kristen tua Maaloula dekat Damaskus, menghancurkan gereja-gereja dan peninggalan kuno lainnya.

Sementara umat Kristen di kota Raqqa yang menjadi basis terkuat ISIS diharuskan membayar pajak untuk mendapatkan perlindungan.

Buah simalakama

Kini ketakutan itu tiba di Lebanon. Pekan ini, sebuah video yang diunggah ke internet menampilkan sekelompok anak-anak membakar bendera ISIS di sebuah permukiman Kristen di Beirut.

Setelah video itu muncul, sekelompok orang tak dikenal mencoreti tembok sejumlah gereja di Lebanon utara dengan kata-kata: "ISIS segera datang."

Di Qaa dan Ras Baalbek, dua desa Kristen yang tak jauh dari perbatasan Suriah, hawa ketakutan sangat terasa. Banyak warga asing yang biasanya menghabiskan waktu musim panas di kedua desa itu pergi. Rumah-rumah makan di pusat desa juga ditinggalkan.

Penjualan senjata di pasar gelap meningkat tajam. Upaya mempersenjatai diri didukung kelompok kiri dan komunis Lebanon yang sudah sejak lama memiliki banyak senjata.

Bahkan kelompok Hezbollah secara tidak langsung mendukung upaya mempersenjatai diri ini karena melihat komunitas Kristen sebagai baris pertama pertahanan bagi kota-kota dan pedesaan Syiah di kawasan Lembah Bekaa, Lebanon.

Tapi di sisi lain, umat Kristen yang kembali mempersenjatai diri bisa meningkatkan suhu politik di Lebanon, yang sudah terpecah akibat konflik Suriah. Dalam perang saudara Lebanon, partai sayap kanan Phalange juga terlibat perang mengatasnamakan umat Kristen yang pernah mendominasi Lebanon.

Situasai ini bak buah simalakama bagi umat Kristen Lebanon dan bagi negeri kecil itu secara keseluruhan. Jika tak mempersenjatai diri maka keselamatan umat Kristen menjadi taruhannya. Namun, di sisi lain situasi ini berpotensi kembali memecah belah Lebanon yang baru saja pulih dari derita perang saudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com