Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unicef: Satu dari Lima Korban Pembunuhan adalah Anak-anak

Kompas.com - 05/09/2014, 17:23 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Satu dari lima korban pembunuhan di dunia adalah anak-anak. Demikian laporan terbaru yang dirilis Badan PBB untuk Anak-anak (Unicef), Jumat (5/9/2014).

Laporan berjudul "Di Balik Tatapan Mata Polos" (The Hidden in Plain Sight) menganalisis data dari 190 negara di dunia dan mendapati jumlah statistik yang mencengangkan atas kasus pembunuhan anak, kekerasan dalam rumah tangga, dan pemerkosaan.

Laporan itu menemukan, kejahatan terhadap anak-anak umum terjadi di dalam rumah dan justru dilakukan perawat anak. Juru bicara Unicef untuk Kawasan Timur dan Selatan Afrika, James Elder, mengatakan, laporan ini bahkan mungkin tidak mencakup keseluruhan aspek dari masalah tersebut.

"Kejahatan ini sering kali sangat sulit dideteksi, bahkan umumnya tidak dilaporkan sehingga hal yang paling menakutkan dari laporan ini adalah kita mengetahui adanya fakta kalau jumlah yang tercatat dalam laporan ini bisa jadi jauh lebih rendah dari realitas sebenarnya,” papar Elder.

Laporan Unicef ini mengungkapkan, terdapat 120 juta orang gadis telah dipaksa berhubungan intim dan melakukan aktivitas seksual sebelum mereka berusia 20 tahun. Selain itu, data yang dikumpulkan juga menemukan, di sejumlah negara, 80 persen wanita dewasa meyakini bahwa tindakan suami memukul istri itu merupakan hal yang bisa diperbolehkan.

Kondisi yang lebih buruk terjadi pada anak perempuan yang menikah pada usia remaja. Diketahui satu dari tiga atau sekitar 84 juta telah menjadi korban dari sejumlah bentuk kekerasan oleh suami maupun pasangan mereka.

Laporan ini juga menyebutkan, ada jutaan anak-anak di seluruh dunia yang juga mengalami kekerasan di sekolah. Satu dari tiga pelajar remaja mengaku telah menjadi korban bullying dan laporan juga menunjukkan bahwa anak-anak korban kasus kejahatan jarang yang meminta bantuan.

"Laporan ini menunjukkan prevalensi kasus kejahatan terhadap anak-anak. Kita mungkin tidak selalu menyaksikan dan mendengar kejadiannya, tapi sayangnya, anak-anak yang merupakan kelompok masyarakat paling rentan tidak bersalah ternyata telah menjadi korban kejahatan dalam jumlah yang cukup signifikan,” ungkap Elder lagi.

Terkait kekerasan akibat kedisiplinan, laporan ini menyebutkan, hampir sepertiga orang dewasa meyakini hukuman fisik diperlukan untuk anak-anak.

Namun, Elder optimistis bahwa perilaku terhadap anak-anak ini akan berubah mengingat perilaku terhadap tembakau atau rokok saja sudah bisa berubah di Australia dalam kurun waktu 30 tahun  terakhir.

Dia mengatakan, Australia merupakan pemimpin di bidang pembahasan terkait keselamatan anak, tetapi tetap ada tren yang mengkhawatirkan.

"Sering kali negara memiliki aturan atau kebijakan yang bagus, tapi ini persoalan implementasi,” tegasnya.

"Apa yang terjadi di tingkat masyarakat, kemudian akan merambah pada perilaku masyarakat ke arah itu dan itu memerlukan proyek yang bersifat jangka panjang,” ujar Elder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com