Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Sepakat Kecam Rusia dan Bantu Ukraina

Kompas.com - 05/09/2014, 16:24 WIB
CARDIFF, KOMPAS.com - Para pemimpin negara-negara anggota NATO, Kamis (4/9/2014), menyebut Rusia gagal untuk mengambil langkah perdamaian dengan Ukraina, meski Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyuarakan "optimisme yang hati-hati" atas gencatan senjata dengan separatis pro-Moskwa.

"Di saat membicarakan perdamaian, Rusia tidak membuat satu langkahpun menuju perdamaian," kata Sekretaris Jenderal Anders Fogh Rasmussen setelah menghadiri pembicaraan terkait Ukraina.

"Rusia tidak mengurangi krisis, negeri itu malah memperdalam krisis Ukraina," tambah Rasmussen.

Para pemimpin NATO yang berkumpul di Newport, Wales itu juga setuju untuk membentuk bantuan dana untuk menolong militer Ukraina dan menangani para tentara yang terluka dalam konflik yang sudah berlangsung selama lima bulan dan mencabut nyawa sekitar 2.600 orang itu.

Para petinggi Eropa dan Amerika Serikat menyatakan mereka siap untuk menyetujui  sanksi baru untuk Rusia, meski implementasinya kemungkinan akan ditunda karena tengah digelar pembicaraan terkait gencatan senjata.

Para pemimpin NATO juga diharapkan menyetujui rencana untuk menggelar pasukan dan peralatan militer di Eropa Timur untuk memastikan negara-negara bekas Uni Soviet tidak akan "diganggu" Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com