Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulama Skotlandia Serukan Pembebasan Sandera ISIS

Kompas.com - 05/09/2014, 15:09 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Para ulama Skotlandia menggunakan khotbah shalat Jumat, (5/9/2014), untuk menegaskan posisi mereka yang menentang ekstremisme. Mereka juga menyerukan agar Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) membebaskan semua sandera yang mereka tahan.

"Kami tanpa ragu mengecam tindakan barbar yang dilakukan ISIS," ujar para ulama Skotlandia tak lama setelah video pemenggalan jurnalis AS, Steven Sotloff, muncul di dunia maya.

"Kami turut bersimpati kepada keluarga mereka yang tewas di tangan para pembunuh ISIS. Tindakan ISIS bertentangan dengan ajaran Islam sehingga mendukung atau bergabung dengan organisasi semacam ini tak bisa diterima," tambah mereka.

"Kami menyerukan pembebasan seluruh sandera yang ditahan ISIS dan berdoa untuk mereka yang sudah dibunuh, terluka, atau menderita karena ulah ekstremis di seluruh dunia," lanjut para ulama itu.

Para ulama Skotlandia juga menyerukan kepada para pemerintah di seluruh dunia untuk bereaksi sesuai hukum internasional dan domestik, saat menangani kelompok-kelompok radikal ini.

Seruan para ulama Skotlandia itu juga dipicu kesedihan yang dialami orangtua seorang perempuan Glasgow, Aqsa Mahmood, yang meninggalkan rumahnya pada November tahun lalu dan diduga menikah dengan seorang pejuang ISIS.

Kedua orangtua Aqsa mengatakan, putri mereka sudah mengkhianati keluarga, komunitas, dan rakyat Skotlandia. Namun, mereka tetap berharap putrinya itu kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com