Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus: Waspadai Geng!

Kompas.com - 05/09/2014, 07:37 WIB

SOYAPANGO, KOMPAS.com - Paus Fransiskus, Kamis (4/9/2014), memperingatkan para remaja di El Salvador untuk mewaspadai segala bentuk geng, dalam konferensi video dengan para pemuda di negara yang tercabik kekerasan tersebut.

Berbicara kepada remaja berumur 15 tahun dan teman-teman sekelas anak itu di Kota Soyapanto di luar San Salvador, Paus mendesak mereka menghindari kelompok-kelompok kekerasan.

Kepada Gerardo Ernesto Mancia, remaja itu, dan sekitar 30 teman-teman Gerardo, Paus meminta mereka menekuni olahraga dan menumbuhkan minat terhadap budaya, selain fokus pada studi.

"Berhati-hatilah ketika ada kelompok-kelompok yang membawa kerusakan, mendatangkan peperangan, yang tak tahu bagaimana cara bekerja sebagai tim," kata Paus kepada para remaja itu. Secara khusus, Paus mengatakan, "Waspadalah terhadap geng."

Pemerasan, pembunuhan, dan pemerkosaan merajalela di El Salvador. Dari 1.910 kasus pembunuhan yang tercatat dalam rentang 1 Januari 2014 hingga 6 Juli 2014, sebagian besar terkait dengan geng.

Gerardo dan teman-teman sekelasnya berbicara kepada Paus selama 1,5 menit lewat laptop di sekolah mereka. Dengan emosional, para remaja itu mengucapkan terima kasih kepada Paus sebelum pembicaraan berakhir.

"Berbicara dengan Paus adalah sesuatu yang luar biasa," ujar Gerardo, yang bercita-cita suatu saat bisa bekerja di industri hotel.

Telekonferensi lewat video ini digelar yayasan Futbol Forever. Direktur yayasan ini di Argentina, Alejandro Gutman, baru-baru ini menemui Paus dan menyampaikan inisiatifnya.

Sementara itu, di El Salvador, organisasi tersebut menggandeng 4.000 remaja di Soyapango dan sekolah umum Tonacatepeque. Mereka mendorong para siswa untuk berlatih olahraga seperti sepakbola daripada bergabung dalam kelompok pemuda yang dekat dengan dunia kekerasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com