Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus "Bersaing" dengan Diego Maradona

Kompas.com - 02/09/2014, 20:59 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Biasanya Paus Fransiskus menjadi "bintang" utama saat menerima tamu di Vatikan. Namun, situasinya berbeda saat dia menerima legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, Senin (1/9/2014), yang seketika menjadi pesaing utama Paus.

Maradona ada di antara 400 orang yang menghadiri audiensi antara Paus dan para pemain yang terlibat pertandingan sepak bola untuk mempromosikan perdamaian dan kerja sama antaragama yang digelar di Roma, Italia.

Paus membacakan pidatonya di ruang auditorium yang besar di Vatikan, lalu setelah itu semua orang yang hadir satu per satu menyalami Paus untuk bertegur sapa dan berfoto dengan pemimpin Gereja Katolik sedunia itu.

Maradona, yang mengantarkan Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 dan pernah bermain di Italia untuk klub Napoli, duduk di barisan depan dan menunggu giliran untuk bersalaman dengan Paus.

Saat para peserta audiensi menuruni tangga setelah bersalaman dengan Paus, banyak dari mereka yang berhenti untuk menyapa Maradona dan berfoto bersama "Si Tangan Tuhan".

Saat tiba saatnya Maradona bersalaman dengan Paus, dia bercakap-cakap dengan Paus yang juga rekan senegaranya itu lebih lama dari orang lain. Maradona juga memberi sebuah kaus tim nasional Argentina dengan nomor 10 dilengkapi nama Francisco di atasnya.

"Paus Fransiskus lebih besar dari Maradona. Dia menginspirasi saya untuk kembali menekuni agama setelah bertahun-tahun," kata mantan kapten timnas Argentina itu.

"Kita semua harus meniru Paus Fransiskus. Jika setiap orang memberi sesuatu kepada orang lain maka tak ada orang kelaparan di dunia ini," tambah Maradona.

Selain Maradona, sejumlah nama besar di lapangan hijau ikut hadir dalam audiensi itu. Terlihat kiper timnas Italia Gianluigi Buffon dan gelandang Andrea Pirlo. Hadir pula mantan penyerang timnas Italia Roberto Baggio dan Manajer Arsenal Arsene Wenger, serta legenda Kolombia Carlos Valderrama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com