Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Gelar Dicopot, Ratu Kecantikan Myanmar Tolak Kembalikan Mahkota

Kompas.com - 02/09/2014, 19:45 WIB
NAYPYIDAW, KOMPAS.com — Seorang pemenang kontes kecantikan asal Myanmar yang kemudian dicopot gelarnya karena dianggap berperilaku buruk mengatakan bahwa dia akan mengembalikan mahkotanya jika penyelenggara kontes di Korea Selatan meminta maaf secara resmi.

May Myat Noe (16) dilatih sebagai calon bintang K-Pop di Korea Selatan setelah memenangkan kontes kecantikan Miss Asia Pacific World 2014 di Seoul pada Mei lalu.

Namun, pekan lalu panitia penyelenggara mencopot gelar gadis itu karena menganggap Myat Noe melakukan banyak kebohongan. Panitia juga menuduh Myat Noe melarikan mahkota juara dan hadiah uang 10.000 dollar AS yang akan digunakan untuk biaya implan payudara.

Akibat tuduhan ini, Myat Noe menyerang balik serta menuntut permintaan maaf sekaligus membantah telah menerima hadiah operasi implan payudara gratis bernilai 10.000 dollar AS.

"Sangat alami bagi saya untuk mendapatkan permintaan maaf demi memperbaiki kerusakan yang telah mereka buat untuk integritas negara saya," kata Myat Noe dalam jumpa pers di Naypyidaw.

"Saya hanya akan mengembalikan mahkota ini jika panitia penyelenggara meminta maaf kepada Myanmar demi martabat negeri ini," tambah dia.

Dalam jumpa pers itu Myat Noe juga membantah telah menerima hadiah implan payudara gratis dari panitia penyelenggara.

"Saya dipaksa menjalankan operasi kecantikan dari ujung kepala ke ujung kaki yang sudah saya tolak. Saya tak melakukan implan payudara, tetapi saya tak akan berbicara terlalu rinci, saya memiliki martabat," ujar dia.

Jumpa pers Myat Noe ini semakin memperdalam perseteruan antara penyelenggara kontes kecantikan itu dan sang mantan ratu.

Sementara itu, pendiri Miss Asia Pacific World Young Choi mengatakan, pihaknya memiliki bukti foto operasi implan payudara dan mempertimbangkan langkah hukum untuk melawan May Myat Noe.

"Dia selalu berbohong. Dia juga berbohong dalam jumpa pers. Dia harus mengembalikan mahkota itu," kata Choi yang menolak menyebut harga mahkota itu tetapi menjelaskan bahwa mahkota tersebut dibuat selama beberapa pekan oleh 10 orang ahli.

"Seharusnya dia yang meminta maaf, bukan kami. Dia telah merusak citra dan kredibilitas kami," tambah Choi.

Penyelenggara kontes, kata Choi, sebenarnya menginginkan masalah ini diselesaikan secara kekeluargaan mengingat hubungan antara Korea Selatan dan Myanmar. "Namun, kini kami tengah mempertimbangkan mengambil langkah hukum terhadap May Myan Noe," Choi menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com