Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Turki Tangkap Puluhan Perwira Polisi

Kompas.com - 01/09/2014, 20:12 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.com - Pemerintah Turki, Senin (1/9/2014), menangkap puluhan perwira polisi dalam sebuah penggerebekan nasional yang dituding terkait rencana menggulingkan pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Penggerebekan itu dilakukan pada dini hari di 16 kota di seluruh Turki, termasuk Istanbul dan provinsi Izmir, dan menahan setidaknya 20 orang perwira polisi. Demikian stasiun televisi NTV.

Di antara para perwira yang ditangkap, salah satunya adalah Yakup Saygili, mantan komandan unit anti-penipuan kepolisian.

Ini adalah penggerebekan keempat sejak Juli ketika pemerintah Turki mencoba menghancurkan apa yang disebut Erdogan sebagai sebuah "negara paralel" di dalam tubuh pasukan keamanan yang berusaha menjungkalkan kekuasaannya.

Surat penahanan diterbitkan untuk setidaknya 34 orang perwira polisi yang dituding melakukan serangkaian pelanggaran, termasuk menyadap pembicaraan para pejabat tinggi dan mencoba melakukan makar.

Sejak Juli lalu, puluhan polisi sudah ditangkap terkait penyelidikan skandal korupsi dan penyadapan terhadap sejumlah orang dekat Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com