Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Kurdi Usir ISIS dari Sebuah Kota

Kompas.com - 01/09/2014, 16:09 WIB
KIRKUK, KOMPAS.com - Pasukan Kurdi dan milisi Syiah merebut kembali kota Sulaiman Bek dari cengkeraman Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Senin (1/9/2014), sekaligus merebut salah satu basis kunci ISIS yang sudah dikuasai selama 11 pekan.

"Sulaiman Bek kini dikendalikan pasukan gabungan. Namun masih ada bahaya dari bom yang ditinggalkan militan," kata Shallal Abdul Baban, perwakilan pemerintah dari kota Tuz Khurmatu.

Setelah merebut kota Sulaiman Bek, Baban melanjutkan, kini pasukan gabungan sedang bertempur untuk merebut desa Yankaja.

Seorang kolonel dari pasukan Peshmerga Kurdi dan seorang pejabat kota Sulaiman Bek membenarkan diusirnya pasukan ISIS dari kota tersebut. Keduanya mengatakan kota itu memiliki nilai penting bagi ISIS.

Kota ini terletak dekat dengan kota Amirli, di mana ribuan warga Syiah Turkmen terjebak di dalam kota yang dikepung ISIS sejak Juni lalu, hingga pasukan Irak berhasil membongkar blokade ISIS.

Operasi militer untuk membebaskan Amerli adalah serangan sukses militer Irak pertama sejak ISIS menguasai sebagian besar wilayah Irak utara semenjak menggelar serangan kilat Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com