Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Klaim Tentaranya Bertempur Melawan Tank Rusia

Kompas.com - 01/09/2014, 15:50 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Pasukan Ukraina, Senin (1/9/2014), bertempur melawan sebuah kontingen tank Rusia di kota Luganks, wilayah timur negeri itu. Kiev juga menuding unit-unit angkatan darat Rusia kini tengah bergerak menuju kota-kota besar di wilayah itu.

"Pertempuran antara pasukan payung Ukraina dan sebuah batalyon tank Rusia masih berlanjut untuk memperebutkan bandara Lugansk," kata juru bicara militer Ukraina, Leonid Matyukin lewat akun Facebook-nya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ukraina Valeriy Geletey mengatakan unit-unit angkatan darat Rusia sedang bergerak ke kota-kota lain di wilayah itu, termasuk ke kota terbesar Donetsk.

"Kami bertempur melawan Rusia dan Rusialah yang memutuskan apa yang terjadi di Donbass," kata Geletey kepada sejumlah televisi Ukraina sambil menyebut nama informal wilayah Donetsk dan Luganks.

"Kami menggelar pembicaraan bukan dengan teroris namun dengan perwakilan Kremlin," tambah Geletey.

Pemberontak pro-Rusia di wilayah timur Ukraina dalam beberapa hari terakhir ini merebut wilayah yang cukup besar. Sementara Kiev mengatakan serangan pemberontak itu disokong pasukan dan persenjataan yang lebih besar.

NATO menuding Moskwa mengirim 1.000 pasukan reguler melintasi perbatasan Ukraina memasuki wilayah yang tidak dikuasap pemerintah Kiev.

Namun, tudingan NATO itu dibantah Moskwa sambil menambahkan anggota pasukan payung yang tertangkap berada di dalam wilayah Ukraina sejauh 20 kilometer dari perbatasan Rusia adalah karena tersesat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com