Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Teluk Mengecam Kekejaman ISIS

Kompas.com - 31/08/2014, 06:46 WIB
JEDDAH, KOMPAS.com - Enam negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), dalam sidang di Arab Saudi, Sabtu (30/8/2014), mengecam keras aksi dan interpretasi Islam yang dipraktikkan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Kami mengecam keras praktik mereka yang menggunakan Islam sebagai alasan untuk membunuh dan mengusir ribuan orang di Irak dan Suriah," kata Menteri Luar Negeri Kuwait Sabah Khaled Al-Sabah di Jeddah.

Al-Sabah menambahkan bahwa GCC yang beranggotakan Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar dan Oman, mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB awal bulan ini yang ditujukan untuk melemahkan ISIS.

Dalam resolusi yang diterbitkan pertengahan Agustus lalu itu, DK PBB menyerukan seluruh anggotanya untuk mengambil langkah demi menekan arus pejuang asing yang bergabung dengan ISIS dan mengancam akan memberikan sanksi bagi siapapun yang terlibat dalam rekrutmen sukarelawan.

Selain mengecam ISIS, GCC juga menyambut baik terciptanya gencatan senjata yang mengakhiri perang 50 hari antara Hamas dan Israel. Terkait Gaza, GCC menyerukan perlindungan internasional untuk rakyat Palestina, mencabut blokade Israel atas Gaza dan rekonstruksi Gaza yang hancur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com