Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Batal Kirim Pemandu Sorak ke Asian Games Incheon

Kompas.com - 29/08/2014, 20:11 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara, Jumat (29/8/2014), membatalkan keputusan untuk mengirim pemandu sorak ke Korea Selatan untuk ajang Asian Games Incheon.

Pyongyang mengatakan satu kelompok akan mendampingi para atlet yang berpartisipasi dalam turnamen itu pada bulan September di kota Incheon, Korea Selatan. Namun Korea Utara kemudian berubah pikiran karena Korea Selatan tampak "tidak senang."

Korea Utara menuduh Korea Selatan meributkan soal beberapa detil dan memandang kelompok pemandu sorak itu sebagai alat propaganda politik.

"Selatan mempermasalahkan skala kelompok pemandu sorak dan ukuran bendera DPRK [Korea Utara]," kata sebuah pernyataan oleh kantor berita Korea Utara KCNA.

Pernyataan itu juga mengatakan Korea Selatan "akhirnya mengangkat isu biaya yang tidak pernah disebutkan pihak Utara dan mengakibatkan pembicaraan pun gagal." Korea Selatan mengatakan mereka kecewa dengan langkah "unilateral" itu dan berharap Pyongyang akan berubah pikiran.

Pemandu sorak Korea Utara terakhir kali muncul pada Kejuaraan Athletik Asia 2005, juga diadakan di Incheon. Kontingen pemandu sorak Korea Utara itu terdiri dari 101 orang, dan kabarnya, termasuk Ri Sol-ju yang kemudian menikahi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Ketegangan terus terjadi di antara kedua Korea yang secara teknis masih berperang setelah perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata dan bukan pakta perdamaian. Pyongyang diyakini masih melakukan pembangunan senjata nuklir dan sudah tiga kali melakukan uji coba nuklir, yang terakhir kali pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com