Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Jumlah Pengungsi Suriah Tembus 3 Juta Orang

Kompas.com - 29/08/2014, 16:59 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Lebih dari tiga juta orang warga Suriah kini terdaftar sebagai pengungsi dan krisis ini terus memburuk. Demikian badan pengungsi PBB, UNHCR, Jumat (29/8/2014).

UNHCR mengatakan Suriah kini mengalami "darurat kemanusiaan terbesar di era saat ini" dengan hampir separuh rakyat Suriah terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Mayoritas pengungsi melarikan diri ke negara-negara tetangga Suriah, dengan 1,14 juta orang kini berlindung di Lebanon. Selain itu, lebih dari 190.000 orangtewas dalam perang sipil Suriah selama tiga tahun.

Kelompok-kelompok oposisi di Suriah berjuang melawan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad sejak terjadi pembangkangan pada pemerintahannya pada Maret 2011.

Situasi memburuk dalam beberapa bulan terakhir dengan pembentukan dan kehadiran kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang saat ini menguasai sebagian besar wilayah Suriah dan Irak.

UNHCR mengatakan satu dari setiap delapan orang Suriah melarikan diri dengan melintasi perbatasan dan selebihnya yaitu sebanyak 6,5 juta orang terlantar di Suriah - lebih dari setengahnya adalah anak-anak.

Sejumlah keluarga yang tiba di kamp-kamp pengungsi di sejumlah negara tetangga berada dalam keadaan lelah dan ketakutan. Mereka menghabiskan sekitar satu tahun atau lebih untuk melarikan diri dari satu desa ke desa lainnya dalam wilayah Suriah, sebelum mencapai kamp pengungsi.

UNHCR menambahkan perjalanan dari Suriah juga menjadi lebih berat, karena banyak orang dipaksa untuk membayar suap kepada para gerombolan bersenjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com