Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Poroshenko: Pasukan Rusia Menginvasi Ukraina

Kompas.com - 28/08/2014, 18:24 WIB
KIEV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Petro Poroshenko membatalkan kunjungan kenegaraannya ke Turki, Kamis (28/8/2014) dan menggelar pertemuan darurat pejabat keamanan setelah mengklaim pasukan Rusia menginvasi Ukraina.

"Saya memutuskan membatalkan kunjungan ke Turki terkait perubahan drastis dalam situasi di Donetsk, khususnya di Amvrosiyivka dan Starobesheve, karena pasukan Rusia sudah memasuki wilayah Ukraina," kata Poroshenko.

Poroshenko menambahkan, dia langsung menggelar pertemuan darurat dengan para pejabat keamanan nasional dan dewan pertahanan.

"Tempat presiden saat ini adalah di Kiev," ujar Poroshenko, yang seharusnya menghadiri pelantikan Recep Tayyip Erdogan sebagai presiden Turki.

Sebelumnya Dewan Keamanan dan Pertahanan Ukraina mengatakan kota perbatasan Novoazovsk dan beberapa lokasi di wilayah tenggara Ukraina telah jatuh ke tangan pasukan Rusia yang melakukan serangan balik bersama dengan pemberontak.

"Sebuah serangan balik pasukan Rusia dan separatis masih berlanjut di wilayah tenggara Ukraina," kata dewan lewat akun Twitter-nya.

Dewan Keamanan lebih lanjut mengatakan, pasukan pemerintah Ukraina telah mundur dari Novoazovsk dan kini sedang memulihkan kekuatan di kota pelabuhan Mariupol.

Sedangkan Perdana Menteri Ukraina Aresniy Yatsenyuk menuding Presiden Rusia Vladimir Putin dengan sengaja memicu perang di Eropa dan menyerukan pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Sky News,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com