Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Australia-Indonesia Pulih Kembali

Kompas.com - 28/08/2014, 10:38 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.COM - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menegaskan, Australia menyambut baik pemulihan kembali seluruh kerjasama dengan Indonesia di bidang intelijen, pertahanan dan perlindungan perbatasan.

Menlu Bishop berada di Bali untuk menandatangani Kesepakatan Bersama Kode Perilaku hubungan bilateral kedua negara bersama Menlu Indonesia Marty Natalegawa, Kamis (28/8/2014).

Dokumen kesepakatan, kabarnya, akan meminta kedua negara untuk tidak menggunakan intelijen mereka yang merugikan kepentingan salah satu pihak.

"Pemerintah Australia menyambut baik pemulihan kerjasama yang sempat terhenti menyusul tuduhan Snowden, yaitu kerjasama inteligen, pertahanan, dan perlindungan perbatasan," demikian rilis yang dikeluarkan kantor Menlu Bishop.

Dikatakan, hubungan dengan Indonesian merupakan prioritas paling penting dari kebijakan luar negeri Australia.

"Dalam kunjungan ini, saya juga akan bertemu Presiden Yudhoyono, dan akan menyampaikan ucapan terima kasih atas sumbangsihnya dalam meningkatkan hubungan kedua negara," kata Menlu Bishop.

Bagi Australia, kata Menlu Bishop, Presiden Yudhoyono telah memimpin Indonesia dan  berhasil mempertahankan stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi.

"Pak SBY secara konsisten mendukung kerjasama erat kedua negara," jelas Menlu Bishop.

Di Bali hari Kamis ini, Menlu Bishop juga akan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Yudhoyono atas dukungannya sebagai tokoh yang turut mendirikan kerjasama program Colombo Plan Baru di tahun 2014.

Melalui Colombo Plan Baru ini, ribuan anak-anak muda Australia diberi kesempatan untuk belajar dan bekerja di negara lain termasuk Indonesia. Dikatakan, program Colombo Plan Baru merupakan perwujudan nyata bentuk hubungan people-to-people antara Australia dan negara-negara sabahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com