Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran: Hamas Membuat Israel Bertekuk Lutut

Kompas.com - 27/08/2014, 16:34 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Pemerintah Iran, Rabu (27/8/2014), mengatakan, kelompok Hamas menjadi pemenang dan berhasil membuat Israel bertekuk lutut dalam konflik bersenjata selama 50 hari yang baru saja diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata.

"Rakyat Palestina yang heroik telah memasuki era baru dengan kemenangan perlawanan yang membuat rezim Zionis bertekuk lutut," kata Kementerian Luar Negeri Iran.

"Kemenangan ini melapangkan jalan untuk pembebasan akhir semua daerah pendudukan, terutama Quds (Jerusalem)," sambung Kemenlu Iran.

Seorang pejabat Palestina mengatakan, kesepakatan yang disponsori Mesir ini juga akan mengakhiri blokade Jalur Gaza yang sudah berlangsung delapan tahun.

Mencabut blokade sejak lama menjadi salah satu tuntutan kunci yang diminta Palestina dalam berbagai pembicaraan damai.

Setelah tujuh pekan konflik paling mematikan dalam sejarah konflik Israel-Palestina satu dekade terakhir, sebuah kesepakatan gencatan senjata jangka panjang diberlakukan mulai Selasa (26/8/2014). Kabar ini memicu perayaan di seluruh Jalur Gaza.

Konflik yang diawali pada 8 Juli ketika Israel menggelar operasi militer Protective Edge yang bertujuan untuk menghentikan serangan roket Gaza telah menewaskan 2.143 warga Palestina dan 70 orang warga Israel.

Berdasarkan catatan PBB, hampir 70 persen korban tewas di pihak Palestina adalah warga sipil. Sementara itu, dari 70 korban tewas di sisi Israel, 64 orang di antaranya adalah tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com