Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Tertinggi Dunia Meninggal dalam Usia 44 Tahun

Kompas.com - 26/08/2014, 15:39 WIB
KIEV, KOMPAS.com — Pria tertinggi Ukraina, yang sempat memegang rekor manusia tertinggi di dunia tetapi kemudian melepas gelar itu, meninggal dunia pada Minggu (24/8/2014) akibat komplikasi penyakit yang disebabkan kondisi tubuhnya yang terus tumbuh. Demikian media Ukraina mengabarkan, Senin (25/8/2014).

Leonid Stadnyk (44) memiliki tinggi badan 2,60 meter akibat sebuah kelenjar tumor yang mengakibatkan hormon pertumbuhan tubuhnya terus diproduksi sepanjang hidupnya.

Pada 2007, pihak buku rekor Guinness menobatkan Stadnyk menjadi manusia tertinggi di dunia. Namun, dia menolak Guinness mengukur tinggi badannya. Akhirnya, gelar itu dialihkan kepada pria China, Bao Xishun, yang memiliki tinggi badan 2,36 meter.

Stadnyk menjalani hidup sederhana bersama ibunya di sebuah rumah di Podolyantsi, sebuah desa di wilayah Zhytomyr, dan memilih menyendiri karena menganggap postur tubuhnya itu memberinya lebih banyak kesulitan ketimbang keuntungan.

Alasan utama Stadnyk tak mau tinggi badannya diukur ialah karena satu-satunya yang diinginkannya adalah hidup yang tenang.

Namun, kesehatannya terus menurun yang membuatnya kesulitan bergerak dan memaksanya berhenti bekerja sebagai dokter hewan. Dia kemudian memilih berkebun dan mengurus ternak milik ibunya.

Stadnyk kerap mendapatkan bantuan dari para dermawan, misalnya sebuah komputer dengan "mouse" yang dirancang khusus. Pada 2008, Presiden Ukraina Viktr Yuschenko menghadiahkan sebuah mobil yang sudah dimodifikasi sehingga bisa digunakan Stadnyk.

Sayangnya, dia tinggal di kediamannya kecilnya yang memaksa dia membungkuk dalam-dalam saat keluar atau masuk rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com