Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Basis di Mesir, UEA Kirimkan Pesawat Pengebom

Kompas.com - 26/08/2014, 15:32 WIB


KOMPAS.com - Diam-diam Uni Emirat Arab (UEA) mengebom basis militan Islam di Libya saat penyerangan pekan lalu. UEA menggunakan basis militer di Mesir untuk melampiaskan rencananya itu. Menurut warta AP  pada Selasa (26/8/2014), pihak AS mengatakan ihwal serangan UEA.

Di Libya, AS dan sekutu Eropanya memang tengah berkonflik melawan pengaruh asing di Libya. Sejak rezim Moammar Khadafy terguling, Libya masih saja menuai konflik internal antara pemerintah melawan kelompok-kelompok milisi perlawanan.

Sekutu melancarkan serangan udara ke Libya pada pekan lalu. Target utama adalah Tripoli, ibu kota Libya. Pihak sekutu mengatakan, Tripoli kini dikuasai kelompok milisi. Insiden itu menewaskan enam orang.

Serangan kedua juga membidik Tripoli, khususnya di selatan kota itu. Sekutu menghantam peluncur-peluncur roket, kendaraan-kendaraan militer, dan gudang senjata lawan.

Sebelumnya, kelompok milisi menyerang Bandar Udara Tripoli. Lantaran serangan itu, kegiatan di bandara itu lumpuh. Landas pacu pun rusak berat.

Terkait serangan itu, media massa belum memperoleh konfirmasi dari pihak UEA maupun Mesir. Meski begitu, pihak AS mengatakan informasi serangan oleh UEA akurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com