Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Guatemala Bakar Hidup-hidup Tiga Pemerkosa

Kompas.com - 26/08/2014, 15:18 WIB
GUATEMALA CITY, KOMPAS.com — Tiga tersangka kasus pemerkosaan di Guatemala bernasib sial. Mereka dikeroyok warga provinsi Huhuetanango dan kemudian dibakar hidup-hidup.

Insiden ini terjadi di desa Yalamciop, dekat kota San Mateo Itaxan. Ketiga tersangka pemerkosa itu adalah kakak beradik Enrique Ramos (26) dan Rigoberto Martinez Ramos (18) serta sepupu mereka, Leonardo Herrera (18).

Setelah ditangkap warga yang marah, ketiga pemuda itu diikat ke sebuah pohon dan kemudian dibakar hidup-hidup. Demikian ungkap Wakil Kepala Kepolisian Provinsi Huehuetenango, Henry Delgado.

Delgado mengatakan, polisi di lokasi mencoba untuk menghentikan aksi massa itu, tetapi tidak berhasil. Dia menambahkan, kasus ini terjadi pada akhir pekan lalu.

Seorang perwakilan dari kantor ombudsman nasional di provinsi itu, Erick Villatoro, mengatakan, pembunuhan ketiga tersangka pemerkosaan itu sangat disesalkan dan warga telah salah dalam menjalankan keadilan.

Keadilan rakyat menjadi fenomena di Guatemala sejak perjanjian damai 1996 yang mengakhiri perang saudara selama 36 tahun di negeri itu.

Jumlah korban aksi massa seperti ini terbilang banyak. Berdasarkan catatan Mutual Support Group, sebuah organisasi pemantau HAM, pada 2013 tercatat 36 orang tewas dan 173 orang terluka akibat aksi massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com