Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Siap Kirim Pesawat Mata-mata ke Suriah

Kompas.com - 26/08/2014, 11:25 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat (AS) siap mengirim sejumlah pesawat mata-mata ke Suriah untuk melacak kelompok militan ISIS. Langkah tersebut untuk mempersiapkan jalan bagi serangan udara yang mungkin akan dilakukan terhadap kelompok militan itu, kata seorang pejabat senior AS, Senin (25/8/2014) waktu setempat.

Pesawat-pesawat pengintai itu, termasuk sejumlah pesawat tak berawak, akan berusaha mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kaum militan ISIS yang kini berganti nama jadi Negara Islam yang telah menguasai wilayah di Suriah dan Irak, kata pejabat AS yang tidak mau disebut namanya.

Harian Wall Street Journal melaporkan, rencana penerbangan itu pertama kali dan dikatakan bahwa hal itu akan "segera" dimulai.

Sejumlah pesawat tempur AS selama lebih dari dua minggu melakukan serangan udara terbatas terhadap kaum militan ISIS di Irak. Sebagian besar serangan itu dilakukan di dekat Bendungan Mosul yang terletak di utara negara tersebut.

Pembunuhan mengerikan terhadap wartawan Amerika James Foley oleh ISIS dan meningkatnya keprihatinan di Barat terhadap ancaman kaum ekstremis itu telah mendorong spekulasi bahwa Washington bisa saja memperluas serangan udaranya ke Suriah.

Para pembantu Presiden Barack Obama ini telah membuka kemungkinan serangan udara di Suriah.

Komando Sentral AS, yang mengawasi pasukan Amerika di Timur Tengah, telah meminta sejumlah pesawat pengintai tambahan untuk mengumpulkan lebih banyak data intelijen tentang potensi target milik ISIS di Suriah, lapor Wall Street Journal.

Pesawat-pesawat pengintai itu akan memberikan informasi tambahan selain yang telah dikumpulkan oleh satelit AS dan para informan, kata laporan tersebut.

Sejumlah pejabat AS secara pribadi telah mengatakan bahwa Washington tidak punya rencana meminta persetujuan rezim Damaskus untuk setiap penerbangan militer dan para analis mengatakan bahwa sistem pertahanan udara Suriah di wilayah timur negara itu mungkin sudah tidak berfungsi.

Washington mengirim pesawat tempur ke Suriah pada Juli lalu dalam sebuah upaya yang akhirnya gagal untuk menyelamatkan sekelompok warga Amerika yang disekap militan ISIS. Para sandera telah dipindahkan saat pasukan AS tiba di lokasi yang dituju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com