Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Asal Fukushima Sangat Laris di Singapura

Kompas.com - 25/08/2014, 19:48 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Ternyata beras yang ditanam di kawasan Fukushima, Jepang, yang dilanda bencana nuklir tiga tahun lalu, terjual dalam waktu dua hari di Singapura.

Beras hasil panen sawah di Fukushima sebanyak 300 kilogram itu untuk pertama kalinya diekspor dan dijual di supermarket terbesar Jepang di Singapura.

Wartawan BBC di Tokyo mengatakan setiap pengapalan telah diperiksa secara seksama. Namun tidak semua orang yakin bahwa beras produksi Fukushima itu aman untuk dikonsumsi.

Para petani di kawasan itu berharap beras yang sudah lolos standar keamanan makanan yang tinggi di Singapura, akan meningkatkan kepercayaan pasar global.

Sekitar 300 kilogram beras yang dikapalkan itu diproduksi di lahan yang terletak sekitar 60 kilometer dari pembangkit di Fukushima, kawasan yang tidak begitu terganggu kontaminasi nuklir.

Standar keamanan makanan di Singapura termasuk yang paling ketat di dunia.  Menyusul kebocoran pembangkit nuklir pada 2011, akibat terjangan tsunami, sejumlah negara termasuk Singapura, mengeluarkan pembatasan impor pangan yang diproduksi dari Jepang.

Pemerintah Jepang sendiri terus melakukan proses dekontaminasi kawasan yang terkena dampak kerusakan pembangkit nuklir. Sebelum bencana itu, Fukushina termasuk salah satu kawasan kunci pertanian Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com