Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Bertopeng "Reka Ulang" Eksekusi James Foley, Diunggah ke Twitter

Kompas.com - 25/08/2014, 15:47 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Belum hilang dari ingatan banyak orang video eksekusi jurnalis AS James Foley yang diunggah oleh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke internet pekan lalu.

Meski dikecam semua pihak di dunia, ternyata beberapa kalangan justru mengagumi aksi brutal itu dan bahkan melakukan reka ulangnya. Tak hanya itu, mereka melakukan reka ulang eksekusi yang mengguncangkan itu dengan melibatkan anak-anak.

Lewat akun Twitter "Waktu bagi Kekalifahan", sebuah aksi "reka ulang" eksekusi diunggah ke situs sosial media itu. yang terdiri atas dua buah foto.

Foto pertama menampilkan seorang anak laki-laki mengenakan topeng hitam, terlihat memegang sebuah boneka berambut pirang dan mengenakan pakaian oranye, persis yang dikenakan James Foley. Bocah itu berdiri depan sebuah bendera hitam.

Di foto kedua kepala boneka yang sudah terputus itu kemudian diletakkan di atas tubuh boneka yang terbaring di lantai. Kedua foto itu seketika mengingatkan akan ekseskusi terhadap James Foley. Tak cukup dengan dua foto ini, pengunggah menyertakan sebuah pesan.

"Ajari anak-anak Anda menggorok leher, dan esok hari akan banyak kepala bergelimpangan," demikian isi pesan akun yang memiliki 3.500 pengikut itu.

Akun Twitter ini adalah akun yang sama dengan yang menyebarkan foto-foto eksekusi James Foley di dunia maya. Kedua foto bocah "memenggal" boneka itu diunggah pada Jumat (22/8/2014), setelah Twitter dan YouTube menghapus semua akun yang terkait dengan eksremisme.

Bukan kali ini saja aksi-aksi radikal semacam ini melibatkan anak-anak. Belum lama ini foto seorang bocah asal Australia yang tengah memegang kepala terpenggal menyebar luas di internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com