Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ukraina: Normalisasi Hubungan Uni Eropa-Rusia-Ukraina!

Kompas.com - 25/08/2014, 05:17 WIB

ALPBACH, KOMPAS.com - Presiden Austria Heinz Fischer mengatakan bahwa hubungan-hubungan antara Uni Eropa, Rusia, dan Ukraina harus kembali normal.

"Saya berharap bahwa Rusia tidak akan membuat langkah-langkah yang dapat dianggap provokatif, dan suhu hubungan antara Uni Eropa, Rusia dan Ukraina kembali normal," kata Presiden pada forum politik Eropa di kota Austria, Alpbach.

Uni Eropa, Rusia, dan Ukraina "harus bertemu dengan tujuan yang sama dan mendiskusikan kepentingan keamanan mereka dengan serius," kata Fischer.

Dia menambahkan bahwa politisi mana pun harus "tahu bagaimana mengubah papan catur dan berpikir dengan timpalannya ke depan."

Sikap tersebut sangat penting untuk membahas sisi krisis Ukraina, menurut pemimpin Austria itu.

Berdasarkan laporan PBB, sekitar 2.000 orang tewas dan lebih dari 5.000 lainnya terluka dalam operasi militer di wilayah ini.

Moskow telah menggambarkan tindakan keras sebagai operasi hukuman, dan menyerukan Kiev untuk segera mengakhiri pertumpahan darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com