Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Abu Vulkanik Islandia Diturunkan

Kompas.com - 25/08/2014, 03:25 WIB
KOMPAS.com - Pihak berwenang Islandia menurunkan tingkat bahaya abu vulkanik gunung berapi Bardarbunga bagi penerbangan.

Peringatan risiko penerbangan kini menjadi oranye dari tingkat sebelumnya merah, peringatan tertinggi. Para pejabat mengatakan tidak ada ancaman abu dari kemungkinan letusan gunung.

Gunung berapi Bardarbunga menunjukkan peningkatan aktivitas Selasa lalu (19/08). Sehari sesudahnya ratusan orang dievakuasi.

Peringatan bahaya dinaikkan pada Sabtu (23/08) oleh pihak berwenang Islandia dan langkah tersebut diikuti oleh otorita penerbangan Eropa.

Badan Meteorologi Islandia mengatakan dua gempa bumi masing-masing berkekuatan 5,3 dan 5 pada skala Richter terjadi pada Minggu dini hari, tetapi para pejabat mengatakan tidak jelas apakah gempa itu berpotensi menyebabkan gunung meletus.

Masalah abu vulkanik di Islandia pernah menyebabkan kekacauan penerbangan pada 2010 ketika gunung berapi Eyjafjallajokull meletus. Pihak berwenang penerbangan Eropa menutup sebagian besar wilayah udara benua itu karena abu dikhawatirkan membahayakan pesawat.

Penutupan wilayah udara Eropa tersebut merupakan yang terbesar sejak Perang Dunia Kedua. Kerugian diperkirakan mencapai 1,5 miliar hingga 2,5 miliar euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com